Home » Uncategorized » Tips Percaya Diri Berbicara Di Depan Umum

Tips Percaya Diri Berbicara Di Depan Umum

zulsyid.COM – Berbagi Artikel Seputar Dunia Internet dan Update Informasi Terbaru Bisa Anda dapatkan disini. Silahkan Baca artikel dibawah ini semoga menjadi bermanfaat bagi kita semua.
Dikarenakan jarang berbicara di depan umun, terkadang kita merasa tidak percaya diri ketika akan berbicara di depan umum. Rasa tidak percaya diri tersebut akan mengakibatkan rasa grogi. Nah, rasa grogi tersebut akan merembet kepermasalahan lain, misalnya: materi yang harus kita sampaikan menjadi lupa, ketika berbicara menjadi gugup/suaranya tidak jelas. Apabila hal tersebut terjadi, maka kegiatan berbicara di depan umun tidak akan sukses dan memukau para penyimak, selain itu rasa percaya diri kita pun akan semakin berkurang.
Tips Percaya Diri Berbicara Di Depan Umum
Supaya rasa tidak percaya diri berubah menjadi percaya diri, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketikan akan berbicara di muka umum, diantaranya yaitu:
1. Bersikap Tenang
Ketika akan menghadapi apapun, kita harus bersikap tenang karena ketika sikap kita tenang, pikiran kita pun akan jernih sehingga akan dengan mudah untuk berpikir menyelesaikan permasalahan. Salah satu cara untuk menenagkan hati adalah atur nafas secara teratur.
2. Kuasai Materi
Ketika kita akan berbicara dihadapan umum, hal penting yang perlu kita perrhatikan yaitu siapkan terlebih dahulu materi yang akan kita sampaikan. Setelah kita menyiapkan materi yang akan disampaikan, selanjutnya kita hatus pahami dan kuasai materi tersebut. Setelah kita memahami dan menguasia materi yang kita sampaikan, ketika kita berbicara di depan umum pun akan lebih perca diri dan penyampaiaan materi pun tidak akan terbata-bata (terputus-putus).
3. Banyak Berlatih
Selain penguasaan materi, latihan yang sering pun sangat penting, sebab segala sesuatu apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan latihan yang maksimal pula. Dengan demikian, apabila kita belum terbiasa berbicara di depan umum, alangkah baiknya kita sering latihan, contohnya kita berdiri di depan cermin atau berbicara sendiri dengan gaya seolah-olah kita sedang berpresentasi di depan orang banyak.
4. Tingkatkan Rasa Percaya diri
Setelah penguasaan materi telah kita kuasai dan kita pun sering berlatih, hal yang perlu kita perhatikan yang lainnya yaitu, kita harus tingkatkan rasa percaya diri yang ada dalam diri kita. Apabila kita tetap saja tidak memiliki rasa percaya diri, maka keberanian berbicara di depan umum pun tidak akan pernah ada dan latiha yang telah kita lakukan akan sia-sia saja.
5. Berdoa
Terakhir, yang perlu kita lakukan supa diberi kelancaran ketika berbicara di depan umum yaitu berdoa. Meminta pertolongan kepada Allah swt supaya diberi kelancaran dan kemudahan ketika berbicara di hadapan umum.
Semua yang telah dijelaskan tadi adalah tips supaya kita percaya diri ketika berbicara di hadapan umum. Hal-hal tersebut sangat berkaitan satu dnegan yang lainya, sehingga jangan sampai ada yang terlewatkan, supaya anda dapat dengan lancar berbicara di depan umum.


Sumber : http://feedproxy.google.com/~r/RemajaGembira/~3/xLAnHv2hdbo/tips-percaya-diri-berbicara-di-depan.html