Home » Unik » 7 Berita Hoax yang Paling Menghebohkan di Indonesia

7 Berita Hoax yang Paling Menghebohkan di Indonesia

Di era digital ini, sebuah berita dengan mudah menyebar dan cepat diterima masyarakat. Namun sayang, kemudahan akses ini terkadang baik sengaja atau tidak dimanfaatkan sebagian orang untuk menyebarkan berita palsu (hoax) demi beragam alasan dan tujuan. Berikut ini tujuh berita yang terbukti hoax yang sempat menghebohkan Indonesia.


1. Penampakan Awan Berdoa di Pemakaman Uje

 Kematian Ustadz Jefri al Buchori pada Jum’at dini hari (26/4/2013) membuat masyarakat Indonesia terkejut. Banyak yang merasa kehilangan dengan kepergian ustadz gaul itu. Tak berselang lama dunia maya dihebohkan dengan beredarnya foto penampakan awan bervisual seorang tengah berdoa yang kabarnya di ambil di pemakaman sang ustadz. Tak sedikit yang percaya lalu mengaitkannya dengan keshalihan dai ternama ini. Sayangnya, kabar penampakan awan berdoa ini terbukti hoax!Diketahui, foto itu telah diunggah jauh sebelum hari kematian sang ustadz. 

Menurut Hanindita Setiadji (@mbakta) yang mengaku sebagai pemilik foto, dirinya mengunggah foto itu di Twitter 10 Maret 2013 lalu. Ia mengambil gambar itu pada 8 Maret 2013 di atas area kolam renang di kawasan Citos (Cilandak Town Square), Jakarta Selatan sekitar pukul 18.00 WIB. Foto serupa juga diunggah oleh akun allucardboy di forum Kaskus pada tanggal 2 April 2013, bahkan ia menyertakan foto-foto lain mengenai gambar awan itu dari sudut pandang angle lain juga.


2. UFO Melancong di Bali Selama Satu Jam


Pada 7 Juni 2011, Kompas.com memberitakan “UFO ‘Melancong’ ke Bali Selama Satu Jam”. Menurut saksi mata, benda itu terlihat seperti pesawat yang diam, tidak bergerak, hanya melayang di udara. Di bagian bawah pesawat ada banyak lampu yang menyala sangat terang, lihat foto di atas. Penampakan UFO itu berhasil diabadikan melalui kamera seluler.

Sayangnya, peristiwa tersebut terjadi pada malam hari. Gambar yang berhasil diambil hanya memperlihatkan lampu-lampu yang dikatakan berada di bagian bawah UFO tersebut. Sementara badannya sendiri tak terlalu jelas terlihat. Benarkah itu pesawat UFO?Dengan cara sederhana, seorang blogger berhasil membuktikan bahwa foto itu bukanlah pesawat UFO. Dengan mengatur kontras foto tersebut, maka terlihatlah apa yang ada di foto itu sesungguhnya.

 Ya, foto itu terlihat seperti sebuah lanskap darat. Di atas tiga cahaya di tengah, kita bisa melihat bagian gelap bersisi rata yang terlihat seperti atap bangunan. Di bagian kiri bawah terlihat adanya garis putih mirip seperti yang ada pada jalan raya.


3. Penampakan Awan Berbentuk Naga di Langit Ciawi


Pada Jumat, 21 Desember 2012, Detikcom menurunkan berita cukup menghebohkan, “Awan Berbentuk Ular Naga Menggantung di Langit Ciawi”. Diilustrasikan, gumpalan awan membentuk ular naga, lengkap dari badan hingga kepala, seolah hendak menerkam mangsa. Peristiwa itu terjadi di arah tol Jagorawi menuju Puncak, Jumat (21/12/2012) sekitar pukul 17.15 WIB. Gumpalan awan aneh itu muncul secara tiba-tiba usai hujan deras.

Sontak fenomena alam menakjubkan itu menghebohkan warga dunia maya dan beredar luas melalui BBM. Namun sejam kemudian Detikcom meralat dan mengakui bahwa berita itu hanya hoax, apalagi banyak warga setempat mengaku tak tahu menahu dengan kejadian tersebut.


4. Video Malaikat Jatuh di Citos

Pertengahan September 2011, dunia maya digegerkan video mengenai jatuhnya obyek misterius bercahaya putih di kompleks pertokoan Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan. Sosok yang terekam kamera cctv pada malam hari (10/9/11) itu diyakini sebagai malaikat, hal ini tampak dari gambar yang terekam sekilas mirip makhluk yang memiliki sayap.


Pada 14/9/11, Vivanews menurunkan berita menjelaskan bahwa kejadian itu hanya hoax yang merupakan viral marketing dari sebuah produk parfum pria. Hal itu diperkuat hasil analisa pakar telematika Abimanyu Wachyoewidajat yang meyakini video tersebut adalah hasil rekayasa. Dan terbukti ketika salah seorang staf Event Exhibition Citos menyatakan bahwa video penampakan malaikat itu memang merupakan bagian dari sebuah event. Berikut videonya.


5. Gempar Ular Raksasa di Pedalaman Kalimantan


 Masyarakat dunia pernah dihebohkan oleh sebuah foto penampakan ular raksasa yang berenang di sungai pedalaman hutan Kalimantan. Berawal dari foto yang dimuat di surat kabar Telegraph, London pada 20 Februari 2009 lalu. Dalam keterangannya, foto itu di ambil dengan menggunakan helikopter di atas sungai Baleh.

Foto tersebut dengan cepat beredar di internet dengan kehebohan yang luar biasa. Namun akhirnya terbongkar bahwa itu merupakan hasil rekayasa photoshop. Gambar sungai dengan kerimbunan hutan di sekelilingnya ternyata diambil di sebuah website dari Kongo, Afrika. Inilah fotonya, sebuah aliran sungai tanpa ular di dalamnya.


6. Penampakan UFO di Blok M


Pada 16 Oktober 2009, koran Warta Kota menurunkan headline tentang penampakan UFO di atas langit apartemen Blok M, kemudian berita ini di kutip oleh Kompas.com. Benda yang diduga piring terbang itu difoto secara tidak sengaja oleh seorang warga di Jalan Pakubuwono VI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Namun tidak butuh lebih dari 24 jam kepalsuan berita itu pun terbongkar.

Foto itu terbukti hasil rekayasa photoshop. Ufonesia, sebuah organisasi peneliti UFO di Indonesia, mengatakan bahwa piring terbang pada foto tersebut adalah foto UFO yang terpotret di Green Bay, Wisconcin pada Januari 2007. Foto itu kemudian di crop dan digabung dengan foto sebuah gedung.

Pada 17 Oktober 2009, di sebuah blog seseorang mengaku bahwa dia lah pembuat foto rekayasa itu. Dia memberikan bukti tak terbantahkan, foto gedung apartemen (Taman Anggrek bukan Pakubuwono) yang belum diphotoshop.


7. Geger Video Macan Putih Mangsa Manusia


Pada November 2009 beredar video mengerikan, harimau putih memangsa manusia. Video sadis yang menghebohkan itu diduga terjadi di kebun binatang Taman Safari Indonesia, Cisarua Bogor, demikian dilansir Detikcom pada 28/11/2009. Namun pihak Taman Safari telah membantah berita yang meresahkan itu.Belakangan diketahui bahwa video itu merupakan gabungan dari dua video yang diambil di tempat dan waktu yang berbeda. 

Video pertama berisi serangan harimau putih terjadi sekitar November 2008 di kebun binatang Singapura. Sedang video kedua berisi proses identifikasi mayat korban serangan harimau di Jambi. Pada video yang kedua inilah didapati dialog berbahasa Indonesia sehingga terkesan peristiwa tragis tersebut terjadi di Indonesia.Nah pembaca, jadilah penikmat berita yang cerdas, berpikir kritis, tidak gampang percaya dan tidak tergesa menyebarkannya tanpa mengklarifikasi kebenarannya terlebih dahulu.
Sumber : http://www.unikgaul.com/2013/07/7-berita-hoax-yang-paling-menghebohkan.html