Home » Kesehatan » Posisi Tidur Saat Hamil Muda

Posisi Tidur Saat Hamil Muda

Posisi tidur saat hamil muda memang perlu diperhatikan oleh para ibu muda yang sedang dalam kondisi mengandung. Hal ini perlu diperhatikan karena posisi tidur yang salah dapat berakibat terganggunya pertumbuhan dari si janin itu sendiri. Untuk mencegah hal itu maka berikut ini adalah beberapa posisi tidur yang aman saat anda sedang mengandung.

Posisi Tidur Saat Hamil Muda
Posisi Tidur Saat Hamil Muda


Beberapa posisi tidur saat hamil muda

Ibu hamil diharuskan untuk menjaga bagian badannya pada saat ia mengandung janin karena janin yang sedang dikandung sangatlah lemah dan dapat terpengaruh oleh berbagai macam guncangan. Oleh karena itu dengan mengikuti posisi tidur berikut maka guncangan serta tindihan pada janin yang sedang dikandung dapat diminimalisir seminim mungkin.

Menurut sebuah sumber tip ibu hamil muda, posisi tidur yang paling baik tentu saja posisi tidur telentang dengan muka menghadap ke atas.posisi ini selain memberikan rasa rileks pada ibu yang sedang mengandung juga dapat memberikanrasa tenang pada janin yang sedang dikandung. Posisi ini sangat meminimalisir terjadinya benturan pada janin dikarenakan perut menghadap ke arah atas.

Selain baik bagi janin posisi ini juga memperlancar peredaran darah dari kepala sampai kaki dikarenakan tidak adanya tindihan atau sesuatu yang menindih bagian tubuh. Tentu saja hal ini akan membantu para ibu untuk tetap segar dan fit di masa kehamilannya. Posisi ini dipercaya sebagai posisi yang paling baik apabila dilakukan oleh para ibu yang sedang mengandung.

Tentu saja satu posisi tidak akan cukup bagi ibu hamil oleh karena itu posisi menyamping sebenarnya bisa dilakukan dengan catatan perut tidak tertindih oleh benda apapun. Perlu diingat bahwa janin sangat rentan terhadap goncangan maupun tindihan. Sehingga tertindih benda akan dapat berpengaruh cukup besar bagi si janin.

Kesimpulannya, posisi tidur saat hamil muda memang perlu diperhatikan karena hal ini dapat meminimalisir terjadinya hal hal yang tidak diinginkan selama proses kehamilan berlangsung. Oleh karena itu dengan melakukan beberapa posisi tidur di atas maka janin di dalam perut dapat terjaga kesehatannya dan terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Sumber : http://abouthamil.blogspot.com/2013/06/posisi-tidur-saat-hamil-muda.html